Ilmu Kesehatan dan Keperawatan

Just another Blog Mahasiswa Sites site

   Oct 28

PENGERTIAN ETIKA,ETIKET,DAN KODE ETIK PROFESI KEPERAWATAN

Etika adalah peraturan atau norma yang dapat digunakan sebagai acuan bagi perilaku seseorang yang berkaitan dengan tindakan yang baik dan buruk yang dilakukan oleh seseorang dan merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab moral.
Pengertian
Etik atau ethics berasal dari bahasa Yunani,yaitu etos yang artinya adat,kebiasaan,perilaku,atau karakter.Sedangkan menurut kamus webster,etik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruk secara moral.Dari pengertian di atas etika adalah ilmu tentang kesusilaan yang menentukan bagaimana sepatutnya manusia hidup di dalam masyarakat yang menyangkut aturan aturan atau prinsip prinsip yang menentukan tingkah laku yang benar,yaitu: a) baik dan buruk; dan b) kewajiban dan tanggung jawab.
Etiket atau adat merupakan sesuatu yang di kenal,diketahui,di ulang,serta menjadi suatu kebiasaan di dalam suatu masyarakat,baik berupa kata-kata atau suatu bentuk perbuatan yang nyata.
Kode Etik Keperawatan
Kode etik keperawatan merupakan bagian dari etika kesehatan yang menerapkan nilai etika terhadapbidang pemeliharaan atau pelayanan kesehatan masyarakat.Kode etik keperawatan di indonesia telah di susun oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia melalui musyawarah Nasional PPNI di Jakarta pada tanggal 29 N ovember 1989.
Kode etik keperawatan indonesia tersebut terdiri dari 4 bab dan 16 pasal.Bab 1,terdiri dari empat pasal ,menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap individu,keluarga,dan masyarakat.Bab 2 ,terdiri dari lima pasal,menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap tugasnya.Bab 3,terdiri dari dua pasal,menjelaskan tentang tanggung jawab perawat terhadap sesama perawat dan profesi kesehatan lain.Bab 4,terdiri dari empat pasal,menjelaskan tentang tanggung jawab perawat twrhadap profesi keperawatan.Bab 5,terdiri dari dua pasal,menjelaskan tentang tanggung jawap perawat terhadap pemerintah,bangsa dan tanah air.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>